Jumat, 30 April 2010

topeng monyet adalah eksploitasi hewan





Semua orang pasti tau permainan topeng monyet dan pasti pernah melihatnya. Seekor monyet yang di "modifikasi" layaknya manusia, dipakein baju, aksesoris, dan diperintah untuk melakukan atraksi lalu akhirnya menghasilkan uang. Taukah kamu bahwa monyet itu pun merasa tersiksa ? sama seperti kita ketika melakukan hal yang tidak sesuai kodrat dan dipaksa pula . . . Itu sama sekali tidak welfare, tidak menerapkan kesejahteraan hewan. Prinsip Animal Welfare adalah 5 F, yaitu :
Freedom from hunger and thirst (bebas dari rasa haus dan lapar)
Freedom from discomfort (bebas dari rasa ketidaknyamanan)
Freedom from pain, injury, and disease (bebas dari rasa nyeri, sakit, dan penyakit)
Freedom to express a normal behaviour (bebas mengekspresikan prilaku aslinya)
Freedom from fear and distress (bebas dari rasa takut dan stress)
Terlihat bukan ?? kalo topeng monyet itu sama sekali tidak welfare ! mengeksploitasi ! merampas kebebasan hewan demi ekonomi. Padahal monyet juga mahluk ciptaan Tuhan. FYI, monyet itu habitatnya dihutan, hobinya bergelantungan dari satu pohon. Kalo dia diperkajakan kayak gitu, gimana dia bisa mengekspresikan prilaku aslinya ?
C'mon guyss . . di dunia ini tuh masih banyak mainan, nggak perlu lah tertawa di atas penderitaan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Nggak perlu jadiin monyet sebagai penghasil uang. Biarkan dia hidup bebas di habitatnya, sama seperti kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar