Rabu, 11 Januari 2012

shinoku sakit, shinoku malang

beberapa waktu yang lalu, Guinea Pig ku yang tampan Shinosuke sakit.. hufft.. :'(

rasanya takut banget dia kenapa-kenapa, shinoku yang hyperaktif jadi lemes banget.. diem terus.. untungnya masih mau makan.. :) . Pas aku liat tanda-tanda sakit, aku langsung minta pencerahan sama temen2 komunitasku yang udah lebih berpengalaman soal masalah2 sakit ky gni.. abis tanya sana sini soal tanda2 yang ditimbulkan oleh penyakit, mereka mendiagnosis klo shino kena URI. Secara klo lagi musim hujan kaya gni, URI itu merupakan sebuah trend di antara komunitas kami..

klo yang belum tau URI itu apa :
" URI disebut juga infeksi saluran pernapasan atas. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri. Hal ini menyebabkan gejala seperti kesulitan bernapas debit, mata dan hidung, bersin, dan batuk. Infeksi saluran pernapasan atas perlu diobati dengan antibiotik yang aman untuk digunakan dalam cavies. Jika tidak diobati, guinea pig Anda hampir pasti akan mati."

Liat tuh kata2 terakhirnya "Jika tidak diobati, Guinea Pig Anda hampir pasti akan mati ". merinding dengernya..

saran temen2 komunitasku, aku disuruh langsung bawa shino ke vet tapi vet yang cavy savy tentunya biar shino ditanganin sama yang lebih ahli.

Langsung aja aku bawa dia ke rumah sakit hewan IPB. walaupun belum cavy savy tapi vet disana udah sering nanganin guinea pig temenku. Nyampe sana shino diperiksa dan dia g berontak.. diem kalem, g kaya biasanya..

kata vet, shino demam trus paru2nya banyak air.. vetnya juga nganjurin shino di uap klo paru2nya masih banyak air(kaya manusia aja). dan ternyata alhamdulillah shino cuma sakit pneumonia. walaupun pneumonia tergolong parah tapi ga separah URI.. hehehhe

buat yang belum tau pneumonia itu apa :
" Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi "inflame" dan terisi oleh cairan."

setelah shino seminggu minum obat, akhirnya shinosuke ku pun kembali ceria... hhihihihihihihi... ^^

tentang kami, SANG GUINEA PIG LOVERS

hhihih... kali ini mau ceritain dikit tentang komunitas saya dan teman-teman saya yang tergabung dalam GUINEA PIG LOVERS :

"Guinea Pigs Lover (GPL) adalah komunitas pecinta Guinea Pig di Kaskus. Didalamnya terkumpul banyak pecinta, pemelihara dan beberapa breeder Guinea Pig. Karena seringnya diskusi dan tukar pikiran mengenai GP dan pemeliharaannya, maka para anggota GPL menjadi dekat satu sama lain. Link komunitas GPL sendiri asli nya adalah Guinea Pigs Lover – Part 2 dikarenakan keterbatasan pages yang di berikan oleh server… yaitu setiap 500 pages trit akan di tutup dan di pindah ke trit baru, dan karna kekhawatiran para GPL akan kehilangan info2 penting di dalam nya, maka kami, berinisiatif untuk membuat blog ini sebagai back up info :D

Guinea Pig sendiri sebenarnya hewan yang telah lama ada dan diternakkan di Indonesia, hanya saja kemunculannya sebagai hewan peliharaan yang tidak kalah lucu dibandingkan dengan hewan-hewan peliharaan lainnya baru disadari oleh masyarakat. Karena itulah pemeliharaan dan perawatan guinea pig sebagai pet masih sedikit diketahui oleh masyarakat. Banyak yang mengira bahwa pemeliharaan guinea pig sebagai pet disamakan dengan pemeliharaan guinea pig sebagai hewan ternak. Untuk itu, kami selaku pecinta Guinea Pig berusaha menggebrak sistem pemeliharaan konvensional masyarakat dan berusaha menggantinya dengan sistem pemeliharaan yang lebih baik bagi guinea pig yang kami dapat dari berbagai sumber. Tujuannya…tidak lain untuk mensejahterakan kehidupan guinea pig itu sendiri. Sistem perawatan yang berusaha kami share mengacu pada “Aturan Umum di My Pets” Kaskus :

Sesuai judul Forum My Pets ditujukan untuk binatang yang dikategorikan kedalam PETS. Definisi yang dipakai disini adalah binatang/hewan kecil (small animal) yang dipelihara manusia untuk disayang, dimanja, dielus elus dan dijadikan teman.
My Pets tidak mengijinkan thread/postingan yg memuat segala bentuk olah raga/aktivitas/hobby yang dapat membahayakan kesehatan/keselamatan hewan itu sendiri apalagi kalo dengan sadar mengadu, mempertarungkan binatang, baik itu hewan sejenis atao laen jenis.
Termasuk perjudian yang dilatar belakangi oleh hal di atas tidak bisa ditolerir.
Binatang buas yang belum di domestikasi tidak termasuk pets, misalnya : harimau sumatera, gajah, badak, buaya, komodo, serigala …. etc.
Hewan ternak tidak masuk dalam kategori pets, yg termasuk disini: sapi perah, kerbau sawah, ayam potong, kambing kurban, kelinci sate … etc.

jadi jelas bahwa sistem perawatan yang diharapkan untuk dishare di GPL adalah sistem perawatan guinea pig sebagai pets, dan bukan sebagai hewan ternak.

semoga blog ini bisa berguna untuk dunia per GPan indonesia…

kalau ada masalah tentang guinea pig anda… silakan gabung di trit guinea pigs lover, atau email ke guineapigloverindonesia@gmail.com

–salam nguik-nguik ^^– "

Vet untuk Guinea Pig

Tidak semua vet mengerti mengenai guinea pig dan permasalahan kesehatannya. Banyak juga diantaranya yang malah salah memberi obat. Namun, berdasarkan pengalaman beberapa GPL yang pernah memeriksakan GP2nya ke vet, ada beberapa vet yang mengerti atau setidaknya mau belajar mengenai GP sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya salah memberikan obat atau treatment kepada GP kita. Beberapa vet tersebut antara lain :

1. drh. siti zaenab

animal clinic my vet BSD

Nusa Loka, JL. kalimantan Blok e2 no. 4

No. telp : 5384236

animal clinic my vet kemang

Jl. kemang selatan 8 No. 7 a

no. telp :7668241

Review :
Vet Siti tergolong bagus dalam menangani permasalahan GP, beliau cukup mengerti mengenai pengobatan dan treatment berbagai penyakit GP.

Drh. Iwan Willyanto MSc. PHd dan Drh. Inggrid S. Willyanto
Rungkut Mejoyo Utara V-31
(Tenggilis Mejoyo AE-22)
Surabaya
Telepon: (031) 8411810, 8493041

Review :

Salah seorang GPL membawa GPnya kepada vet Iwan untuk diperiksakan, GPL tersebut tidak lupa membawa print out beberapa pages penting untuk dijadikan acuan apabila nanti ada keraguan tentang pengobatan GPnya. Vet Iwan mau membaca dan memberikan treatment kepada GPnya sesuai dengan print out yang diberikan kepada beliau.

Drh. Alex Saba, Drh. Muhammad Al Faiz, Drh. Agry Yayan

Alamat : Jalan Matra Persada No. 10 Gn. Batu,Bandung

Telp : (022) 2013474 & 08112232630

Melayani house call
Review :
Vet Alex memenuhi panggilan house call ke rumah saya ketika salah satu GP saya sakit. Beliau cukup ramah dan mau menerima masukan dari saya ketika beliau akan memberikan treatment dengan menggunakan obat yang sebetulnya tidak boleh diberikan ke GP.

ZEN pet clinic, grooming, and shop
Jl. Pluit Permai no. 30 JAKARTA UTARA 14450
telp : 021-6696968
fax : 021-6670052

Review :

* Seorang GPL menginformasikan bahwa pernah membawa GPnya untuk grooming di tempat ini, dan mengatakan bahwa pelayanannya sangat memuaskan. Tetapi hingga hari ini 30.04.2011 masih belum ada info lebih lanjut mengenai apakah clinic ini pernah menangani GP atau belum.

NB : Dokter-dokter tersebut memang pernah melayani GP, tetapi SANGAT DISARANKAN untuk tetap membawa print out dari guinealynx!

Vet yang baik adalah vet yang mau menerima masukan dari ownernya (tentunya dengan berpatokan pada pengobatan yang disarankan oleh guinealynx atau buku2 veterinarian). Tidak semua vet yang profesional di bidang anjing/kucing juga memiliki profesionalisme yang sama di bidang GP.

Marketing Mix 4P pada Website PT ULTRAJAYA

Marketing Mix atau bauran pemasaran merupakan salah satu bagian dari konsep pemasaran modern, tetapi harus di ingat bahwa pemasaran bukanlah marketing mix.

Konsep marketing mix yang pertama kali dikenalkan oleh Jerome McCarthy mempunyai empat variabel yang biasa dikenal dengan 4P yaitu product, price, promotion, dan place. Berkat Jerome McCarthy lah konsep 4P kemudian dikenal luas oleh masyarakat dan sering menjadi rujukan jika membahas tentang pemasaran.

1. Product (Produk)

produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.

2. Price (Harga)

Harga merupakan unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.

3. Place (Tempat atau Distribusi)

Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.

4. Promotion (Promosi)

Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.


Pada kesempatan kali ini saya akan menganalisa marketing mix pada website PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRI Tbk. PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman dan juga merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara. Begitu masuk website pt ultrajaya ini, kita akan disuguhkan dengan halaman beranda menampilkan gambar-gambar interaktif sehingga menarik untuk dikunjungi. Selain itu website ini juga dimudahkan dengan adanya Multilanguage yaitu Indonesia dan Inggris sehingga memudahkan untuk menyampaikan informasi-informasi kepada customer PT Ultrajaya yang sudah tersebar di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Tampilan Halaman Beranda

Analisa tentang marketing mix yang dilakukan PT. Ultrajaya :

1. Produk

Pada website ini, terdapat informasi yang lengkap tentang produk-produk yang diproduksi yang juga disertai gambar dan informasi lengkap masing-masing produk, seperti manfaatnya, anjuran pemakaian, proses prosuksi, dll. Produk-produk yang diproduksi antara lain :

a. Susu Segar UHT :

· White Fresh Milk = Ultra Milk Full Cream dan Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium

· Flavored Fresh Milk : Ultra Milk, Ultra Mimi, Susu Sehat

Tampilan Halaman Produk Susu Segar UHT:



b. Minuman Teh UHT

· Teh Kotak Jasmine Tea

· Teh Bunga

· Teh Kotak Fruit Flavored

Tampilan Halaman Produk Minuman Teh UHT :

a. c. Susu Kental Manis

· Ultra Milk

· Cap Sapi

Tampilan Halaman Produk Susu Kental Manis :

d. Minuman Kesehatan UHT

· Sari Kacang Ijo

· Sari Asem Asli

Tampilan Halaman Produk Kesehatan UHT :


e. Mentega = Ultra Butter

Tampilan Halaman Produk Mentega :

f. Teh Celup = teh kotak Jasmine & Black Tea

Tampilan Halaman Produk Teh :

2. Price

Dalam Website ini, PT Ultrajaya tidak mencantumkan harga dari produk-produknya dikarenakan harga di pasaran sangat variatif tergantung letak wilayah geografis konsumen dan memiliki latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.

3. Place

PT Ultrajaya merupakan perusahaan yang sudah sangat besar saat ini. Produk-produknya juga sudah tersebar diseluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Pada website ini, PT ultrajaya tidak lupa menyertakan alamat-alamat distributor seluruh Indonesia dan juga informasi untuk ekspor produk. Informasi distributor yang dicantumkan juga sudah sangat lengkap sehingga memudahkan untuk mendistribusikan produk ke tangan customer.

Tampilan Halaman Daftar Distributor :


4. Promotion

Promosi yang dilakukan pada website ini adalah dengan menyertakan artikel-artikel tentang produk. Contohnya artikel tentang alasan mengapa susu UHT lebih baik pada website tersebut sehingga customer membeli produk tersebut dan artikel-artikel lainnya yang juga dapat meningkatkan daya beli customer terhadap produk yang dikeluarkan. Promosi lainnya yang dilakukan juga dengan menyertakann video tentang pabrik dan cara produksinya . Video ini dapat membuat customer seakan-akan sedang mengunjungi pabrik dan melihat langsung proses produksi. Promosi ini dapat menambahkan rasa kepercayaan customer sehingga tidak beralih kepada produk lain yang sejenis.

Tampilan Halaman Kunjungan Pabrik :


Sumber :

http://www.ultrajaya.co.id/

http://id.wikipedia.org/wiki/Ultrajaya_Milk