Rabu, 11 Januari 2012

Marketing Mix 4P pada Website PT ULTRAJAYA

Marketing Mix atau bauran pemasaran merupakan salah satu bagian dari konsep pemasaran modern, tetapi harus di ingat bahwa pemasaran bukanlah marketing mix.

Konsep marketing mix yang pertama kali dikenalkan oleh Jerome McCarthy mempunyai empat variabel yang biasa dikenal dengan 4P yaitu product, price, promotion, dan place. Berkat Jerome McCarthy lah konsep 4P kemudian dikenal luas oleh masyarakat dan sering menjadi rujukan jika membahas tentang pemasaran.

1. Product (Produk)

produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.

2. Price (Harga)

Harga merupakan unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.

3. Place (Tempat atau Distribusi)

Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.

4. Promotion (Promosi)

Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.


Pada kesempatan kali ini saya akan menganalisa marketing mix pada website PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRI Tbk. PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman dan juga merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara. Begitu masuk website pt ultrajaya ini, kita akan disuguhkan dengan halaman beranda menampilkan gambar-gambar interaktif sehingga menarik untuk dikunjungi. Selain itu website ini juga dimudahkan dengan adanya Multilanguage yaitu Indonesia dan Inggris sehingga memudahkan untuk menyampaikan informasi-informasi kepada customer PT Ultrajaya yang sudah tersebar di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Tampilan Halaman Beranda

Analisa tentang marketing mix yang dilakukan PT. Ultrajaya :

1. Produk

Pada website ini, terdapat informasi yang lengkap tentang produk-produk yang diproduksi yang juga disertai gambar dan informasi lengkap masing-masing produk, seperti manfaatnya, anjuran pemakaian, proses prosuksi, dll. Produk-produk yang diproduksi antara lain :

a. Susu Segar UHT :

· White Fresh Milk = Ultra Milk Full Cream dan Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium

· Flavored Fresh Milk : Ultra Milk, Ultra Mimi, Susu Sehat

Tampilan Halaman Produk Susu Segar UHT:



b. Minuman Teh UHT

· Teh Kotak Jasmine Tea

· Teh Bunga

· Teh Kotak Fruit Flavored

Tampilan Halaman Produk Minuman Teh UHT :

a. c. Susu Kental Manis

· Ultra Milk

· Cap Sapi

Tampilan Halaman Produk Susu Kental Manis :

d. Minuman Kesehatan UHT

· Sari Kacang Ijo

· Sari Asem Asli

Tampilan Halaman Produk Kesehatan UHT :


e. Mentega = Ultra Butter

Tampilan Halaman Produk Mentega :

f. Teh Celup = teh kotak Jasmine & Black Tea

Tampilan Halaman Produk Teh :

2. Price

Dalam Website ini, PT Ultrajaya tidak mencantumkan harga dari produk-produknya dikarenakan harga di pasaran sangat variatif tergantung letak wilayah geografis konsumen dan memiliki latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.

3. Place

PT Ultrajaya merupakan perusahaan yang sudah sangat besar saat ini. Produk-produknya juga sudah tersebar diseluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Pada website ini, PT ultrajaya tidak lupa menyertakan alamat-alamat distributor seluruh Indonesia dan juga informasi untuk ekspor produk. Informasi distributor yang dicantumkan juga sudah sangat lengkap sehingga memudahkan untuk mendistribusikan produk ke tangan customer.

Tampilan Halaman Daftar Distributor :


4. Promotion

Promosi yang dilakukan pada website ini adalah dengan menyertakan artikel-artikel tentang produk. Contohnya artikel tentang alasan mengapa susu UHT lebih baik pada website tersebut sehingga customer membeli produk tersebut dan artikel-artikel lainnya yang juga dapat meningkatkan daya beli customer terhadap produk yang dikeluarkan. Promosi lainnya yang dilakukan juga dengan menyertakann video tentang pabrik dan cara produksinya . Video ini dapat membuat customer seakan-akan sedang mengunjungi pabrik dan melihat langsung proses produksi. Promosi ini dapat menambahkan rasa kepercayaan customer sehingga tidak beralih kepada produk lain yang sejenis.

Tampilan Halaman Kunjungan Pabrik :


Sumber :

http://www.ultrajaya.co.id/

http://id.wikipedia.org/wiki/Ultrajaya_Milk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar