Rabu, 11 Januari 2012

shinoku sakit, shinoku malang

beberapa waktu yang lalu, Guinea Pig ku yang tampan Shinosuke sakit.. hufft.. :'(

rasanya takut banget dia kenapa-kenapa, shinoku yang hyperaktif jadi lemes banget.. diem terus.. untungnya masih mau makan.. :) . Pas aku liat tanda-tanda sakit, aku langsung minta pencerahan sama temen2 komunitasku yang udah lebih berpengalaman soal masalah2 sakit ky gni.. abis tanya sana sini soal tanda2 yang ditimbulkan oleh penyakit, mereka mendiagnosis klo shino kena URI. Secara klo lagi musim hujan kaya gni, URI itu merupakan sebuah trend di antara komunitas kami..

klo yang belum tau URI itu apa :
" URI disebut juga infeksi saluran pernapasan atas. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri. Hal ini menyebabkan gejala seperti kesulitan bernapas debit, mata dan hidung, bersin, dan batuk. Infeksi saluran pernapasan atas perlu diobati dengan antibiotik yang aman untuk digunakan dalam cavies. Jika tidak diobati, guinea pig Anda hampir pasti akan mati."

Liat tuh kata2 terakhirnya "Jika tidak diobati, Guinea Pig Anda hampir pasti akan mati ". merinding dengernya..

saran temen2 komunitasku, aku disuruh langsung bawa shino ke vet tapi vet yang cavy savy tentunya biar shino ditanganin sama yang lebih ahli.

Langsung aja aku bawa dia ke rumah sakit hewan IPB. walaupun belum cavy savy tapi vet disana udah sering nanganin guinea pig temenku. Nyampe sana shino diperiksa dan dia g berontak.. diem kalem, g kaya biasanya..

kata vet, shino demam trus paru2nya banyak air.. vetnya juga nganjurin shino di uap klo paru2nya masih banyak air(kaya manusia aja). dan ternyata alhamdulillah shino cuma sakit pneumonia. walaupun pneumonia tergolong parah tapi ga separah URI.. hehehhe

buat yang belum tau pneumonia itu apa :
" Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi "inflame" dan terisi oleh cairan."

setelah shino seminggu minum obat, akhirnya shinosuke ku pun kembali ceria... hhihihihihihihi... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar