Senin, 10 Januari 2011

Unsur Seni Dalam Game Defends Of The Ancients


Pada tulisan kali ini, Saya akan menjelaskan unsur-unsur seni dalam game. Untuk saat ini, game yang akan saya ambil sebagai bahan penjelasan Saya akan memilih Defense Of The Ancients (dotA). Berikut ini Saya sadurkan sedikit tentang sejarah dotA yang Saya ambil dari salah satu blog.

“Sejarah dotA

Defense of the ancients (dotA) itu sebuah peta buatan untuk permainan komputer buatan blizzard judulnya warcraft III: frozen throne, yang dibuat berdasarkan peta "aeon of strife" dari game blizzard lainnya, starcraft. tujuan utama permainan ini untuk menghancurkan markas musuh bersama-sama dengan tim dan anak buah—petarung yang dikontrol oleh komputer. Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut pahlawan (hero), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh ai. Seperti dalam permainan role playing games, pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas buat beli barang selama permainan.permainan ini dikembangkan dengan menggunakan world editor dari permainan warcraft III: reign of chaos, dan dirubah dengan dirilisnya the frozen throne. terdapat berbagai konsep dasar, dengan yang paling populer adalah dotA allstars, yang diurus oleh beberapa pembuat peta selama pengembangan. sejak dirilis, allstars muncul dalam beberapa turnamen dunia, termasuk blizzcon blizzard entertainment dan world cyber games asia, dan juga cyberathlete amateur dan liga cyberEvolutionwarcraft 3 itu multiplayer game yang paling populer sekarang, warcraft 3 bisa populer cz ada yang bikin map dotA. pada awalnya se dotA itu buatan gamers yang kecanduan warcraft 3. dotA dibuat ama eul. eul itu cuman nickname doank alias nama samaran. map dotA yang pertamakali dibuat eul adalah map 0.95, sayang nya eul berhenti bikin map dotA, meskipun dota disambut antusias terutama gamers amerika, nah terus pembuatan map dotA diteruskan ama guinsoo.ama guinsoo ada beberapa perubahan baik dalam hero, ability hero, stats hero, Item. pada masa muncul 2 item baru yaitu guinsoo schyte dan eul scepter of divinity (kedua nama item ini disamakan dengan nama pembuat mapnya). final work dari guinsoo itu map dotA allstars 5.84b. buju buset ini map legendaris banget cz masa pakai nya lebih dari 6 bulan. map yang penuh dengan bug, imbalance dan loadaing yang sangat lama. map ini merupakan generasi terakhir dari map yang punya waktu loading yang terlalu lama (rata-rata loadaing timenya sekitar 30mnt). kemudian seorang dari rusia bernama true.rus merombak map 5.84b dan mengubah namanya 5.84c. kedua map ini hampir identik, perbedaannya adalah waktu loading time yang dipersingkat oleh true.rus menjadi sekitar 5 menit.selepas 5.84c praktis dotA allstars mandek. tak ada hal yang baru, karena baik Guinsoo maupun true.rus tidak melanjutkan project mereka. (sekalipun guinsoo sempat mengeluarkan dota 6.01). kemudian seorang bernama icefrog muncul (here came the man). ditangan icefrog dota terus berkembang hingga versi sekarang 6.43b.cara bermainpermainan fokus ama strategi dan kerjasama team, dan bisa dimainkan sampai 10 orang bersama, dan dibagi jadi 2 kelompok sentinel, dan scourge. Markas tim sentinel ada di pojok kiri bawah sementara tim scourge di pojok kanan atas peta. masing-masing markas dilindungi oleh tower dan unit-unit yang dikontrol oleh ai. di pusat markas tim, terdapat "ancient," yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh tiap tim. bila ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu kalah dan permainan selesai.setiap pemain mengontrol unit yang disebut hero. dalam allstars, total hero yang dapat dipilih mencapai 90 hero lebih, tiap hero memiliki abilities unik yang berbeda satu sama lainnya. Game ini sangat berorientasi pada kerjasama kelompok. Meskipun demikian, ada beberapa hero yang bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan dengan sendirian.perbedaan popularitasblizzard saja gaku kalo popularitas dotA yang melebihi permainan warcraft mereka sendiri, sehingga telah memasuk hall of fame battlenet blizzard. dotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnamen dunia, seperti blizzard's blizzCon convention pada tahun 2005, world cyber games 2005, 2006 di malaysia & singapore, dan world cyber games asian championships 2006. di filipina dan beberapa negara dotA telah mengambil alih popularitas counter-strike sebagai permainan yang paling sering dimainkan.”

http://dotaku-nie.blogspot.com/2008/06/sejarah-dota.html

Lalu jika ditinjau dalam sisi seni, dotA memili beberapa macam unsur seni yang diantaranya terdiri dari seni rupa, seni gerak, seni musik, dan seni suara. Berikut akan Saya paparkan penjelasanya.

Seni Rupa

Seni rupa yang dimaksud disini adalah seni yang digunakan untuk visualisasi atau sebagai tampilan game tersebut. Pada game dotA, tampilan latar belakang game berupa hutan-hutan dan beberapa sungai yang menjadi perbatasan antar team. Lalu pada tokoh karakter, tampilan karakter dibuat menyerupai beberapa binatang, makhluk mitos, dan monster. Dari tampilan latar belakang maupun tokoh karakter dibuat secara 3 dimensi atau menyerupai bentuk nyata sedetail mungkin. Jenis visualisasi game ini dibuat agak liar, seram, dan penuh kekerasan. Karena pada dasarnya, game ini adalah sebuah game perang, dimana kita harus membunuh musuh dan menghancurkan markasnya untuk menang.

Seni Gerak

Untuk seni gerak pada game ini karena kita mengontrol salah satu tokoh karakter, maka kita hanya bisa menggerakan tokoh karakter yang kita pilih untuk mainkan. Gerakan tokoh karakter memiliki beberapa gerakan. Mulai dari berjalan, berlari, melompat, terbang, menyerang, bertahan, dsb. Kadang mereka pun terlihat seperti menari.

Seni Musik

Tentunya tiap game akan memiliki music latar. Oleh karena itu game ini juga memiliki seni musik. Musik latar yang digunakan pada game ini pada dasarnya adalah music instrumental. Musik latar ini dibuat selayaknya orchestra yang dibuat secara dramatis dan menderu-deru untuk menambah semangat dan sensasi memacu adrenalin selama game berlangsung.

Seni Suara

Seni suara pada game ini terletak pada masing-masing tokoh karakter yang kita pilih untuk kita mainkan. Untuk setiap perintah ataupun aksi dari tokoh karakter yang kita mainkan, mereka akan bersuara atau lebih tepatnya berbicara.

Begitulah beberapa seni yang bisa saya ungkap dari game ini. Mungkin pada dasarnya Saya salah ataupun tidak tepat dalam mengungkapkanya. Karena Saya sendiri bukanlah orang yang begitu mengerti tentang seni. Saya harap, bagi kalian para pembaca. Tulisan ini dapat bermanfaat walaupun hanya ala kadarnya. Terima kasih untuk meluangkan waktu membaca tulisan Saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar